Market Update

SMF Highlight

Building Permit Index

Early Warning System

Makroekonomi

Market Comment

Saatnya Memanfaatkan Potensi Bisnis Rumah Kontrakan di Bekasi

By February 19, 2018Market Comment

    Bekasi mengalami perkembangan pesat selama beberapa tahun terakhir. Perkembangan tersebut bukan hanya terjadi pada sektor ekonomi, melainkan juga pada sektor properti. Dahulu, Bekasi masih dianggap sebagai daerah yang sangat jauh dari ibu kota. Namun kini anggapan tersebut tidak berlaku lagi. Karena dukungan transportasi umum kian mempermudah akses Bekasi dengan ibu kota dan beberapa kota besar di sekitarnya.

    Melirik Prospek Properti di Kawasan Bekasi

    Prospek bisnis properti di Bekasi memang terus meningkat dari tahun ke tahun. Karena Bekasi merupakan kota industri yang memiliki banyak lapangan kerja. Jumlah penduduk yang terus bertambah membuat kebutuhan akan hunian menjadi semakin besar. Banyak orang yang sudah merasa nyaman bekerja di bekasi. Sehingga hal tersebut harus ditunjang dengan hunian yang memadai untuk keluarga.

    Bisnis Rumah Kontrakan di Bekasi Kian Diminati

    Berdasarkan survei Property Affordability Sentiment Index yang dilakukan Rumah.com pada akhir 2017, Bekasi menempati urutan ketiga untuk kategori prioritas lokasi untuk tempat tinggal. Karena letak Bekasi tak terlalu jauh dari Jakarta dan perkembangan infrastrukturnya terbilang sangat pesat. Masyarakat yang tinggal di Bekasi tak akan kesulitan mengakses sejumlah fasilitas umum ketika membutuhkannya.

    Hal tersebut tentu mendorong peningkatan prospek bisnis properti di bidang rumah kontrakan. Masyarakat yang belum memiliki kemampuan untuk membeli hunian pribadi biasanya memilih untuk mengontrak rumah. Ada pula yang mengontrak rumah sembari mengumpulkan biaya untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Karena Bekasi juga menjadi lokasi pembangunan rumah subsidi yang digagas oleh pemerintah.

    Masyarakat Kalangan Menengah ke Atas Mulai Melirik Bekasi

    Harga rumah non subsidi di Bekasi rata-rata berkisar di angka 600 juta rupiah. Harga tersebut masih bisa dijangkau oleh masyarakat dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Kepemilikan rumah di Bekasi biasanya dimanfaatkan sebagai sarana investasi sekaligus sarana bisnis. Karena rumah tersebut dapat dikontrakkan kepada orang lain.

    Masyarakat yang ingin mengontrak rumah pasti memiliki minat besar terhadap perumahan yang letaknya strategis. Perumahan yang tak jauh dari pusat ekonomi dan sejumlah fasilitas umum senantiasa diminati. Apalagi kini sudah banyak universitas bermutu dan sarana rekreasi yang dibangun di kawasan Bekasi.

    Kini, masyarakat yang memiliki dana mengendap dalam jumlah besar sebaiknya memanfaatkan prospek bisnis rumah kontrakan di kawasan Bekasi. Tak hanya berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan, kepemilikan rumah di Bekasi adalah aset investasi yang nilainya terus meningkat seiring berjalannya waktu.