Market Update

SMF Highlight

Building Permit Index

Early Warning System

Makroekonomi

Market Comment

4 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Bila Membeli Rumah Secara KPR

By February 26, 2018Market Comment

    Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk memiliki rumah. Karena semua orang pasti membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal sekaligus sarana investasi. Sejak pemerintah menggagas program rumah subsidi, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pun berkesempatan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan cicilan yang terjangkau.

    Data pembiayaan KPR yang dimiliki sejumlah pengembang properti menyatakan bahwa sangat sedikit orang yang membeli rumah di usia kurang dari 30 tahun. Padahal sebenarnya kepemilikan rumah bisa diusahakan melalui sistem KPR. Masyarakat bisa memperoleh empat manfaat ini bila membeli rumah secara KPR:

    Tidak Terbebani dengan Harga Rumah yang Melambung Tinggi

    MBR dan masyarakat kalangan ekonomi menengah akan sangat kesulitan bila ingin membeli rumah pribadi secara tunai. Karena harga rumah terus meningkat dan sering tidak diimbangi dengan peningkatan pendapatan. Membeli rumah secara KPR berarti sudah memiliki rumah dengan harga saat ini tetapi masih harus melunasi cicilannya sesuai dengan jangka waktu yang disepakati. Semakin lama menunda pembelian rumah, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

    Nilai Cicilan Bisa Disesuaikan dengan Kemampuan

    Membeli rumah dengan sistem KPR membuat masyarakat lebih mudah memilih nilai cicilan yang sesuai dengan kemampuan finansial. Karena cicilan rumah tak boleh mengganggu pendapatan untuk memenuhi kebutuhan utama lainnya. Biasanya nilai cicilan tetap akan terasa lebih ringan seiring berjalannya waktu. Bahkan tak sedikit masyarakat yang bisa melunasi cicilan KPR sebelum masa cicilan berakhir.

    Legalitas Rumah Lebih Terjamin

    Bank penyedia program KPR akan membeli rumah yang masyarakat inginkan terlebih dahulu. Keputusan tersebut akan dilakukan oleh bank setelah melalui proses pemeriksaan legalitas rumah di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Masyarakat pun tak perlu khawatir dengan legalitas rumah yang akan dibeli dengan proses KPR. Status legalitas rumah tersebut pasti terjamin bila bank telah menyetujui pengajuan KPR.

    Masih Berkesempatan Menabung dan Memiliki Dana Darurat

    Keputusan untuk membeli rumah secara tunai sering kali membebani kondisi finansial masyarakat. Akibatnya, masyarakat jadi tidak memiliki uang tabungan dan persiapan dana darurat. Namun hal ini dapat diminimalkan bila membeli rumah secara KPR. Sebab total pendapatan per bulan masih bisa dialokasikan untuk menabung dan menyisihkan dana darurat. Kondisi finansial masyarakat pun akan menjadi lebih stabil dan tidak mempengaruhi daya beli pribadi.

    Masyarakat modern yang sudah memiliki wawasan tentang program KPR tentu akan segera memanfaatkannya. Karena kebutuhan akan hunian pribadi merupakan hal utama yang tak boleh ditunda-tunda. Kepemilikan rumah pribadi akan membuat perencanaan finansial jangka panjang menjadi lebih matang.