Market Update

SMF Highlight

Building Permit Index

Early Warning System

Makroekonomi

Market Comment

Pengadaan LRT Membawa Angin Segar Bagi Sektor Properti

By March 8, 2018Market Comment

    Kehadiran moda transportasi Light Rapid Transit (LRT) ternyata membawa pengaruh positif bagi sektor properti di Jabodetabek. Pada pertengahan tahun 2016, pertumbuhan properti di kawasan Jabodetabek terbilang bergerak lambat. Namun hal ini mulai berubah sejak LRT mulai dibangun dan direncanakan rampung pada pertengahan tahun 2019.

    Nilai Aset Properti akan Turut Meningkat

    Menurut penuturan Yannes Pasaribu selaku Direktur Bisnis CSIS, fenomena pengaruh LRT terhadap sektor properti sudah terjadi di beberapa negara. D  i Jakarta, jalur LRT akan terletak berdekatan dengan kawasan Central Business District (CBD) Sudirman. Selain itu, jalur LRT juga akan melintasi daerah penyangga Jakarta seperti Bekasi dan Cibubur.

    Hal ini sangat bermanfaat menyingkat waktu tempuh dari Jakarta menuju ke daerah penyangga begitu pun sebaliknya. Masyarakat yang tinggal di daerah penyangga dan bekerja di ibu kota akan mendapat kemudahan akses transportasi umum. Sehingga bisa menghemat waktu, biaya transportasi, dan tenaga secara maksimal.

    Masyarakat pun tidak ragu membeli properti di sekitar jalur LRT. Prediksi kenaikan harga aset properti diperkirakan berkisar pada angka 15% bahkan lebih. Karena kawasan di sekitar jalur LRT juga akan berkembang menjadi pusat-pusat bisnis yang strategis.

    Kehadiran LRT Membutuhkan Dukungan Kebijakan Pemerintah

    Agar prospek bisnis properti di sekitar jalur LRT dapat berkembang pesat, kebijakan yang berhubungan dengan kendaraan pribadi juga mesti dikaji ulang. Jika pemerintah memberlakukan peraturan perundang-undangan tentang pembatasan kendaraan pribadi di ibu kota, LRT akan menjadi salah satu moda transportasi andalan. Minat untuk memiliki hunian strategis di sekitar jalur LRT pun akan meningkat.

    Peluang perkembangan sektor properti di jalur LRT kini mendorong sejumlah pengembang properti untuk mulai mengadakan pembangunan. Jenis hunian berupa apartemen dan rumah susun menjadi prioritas karena bisa menampung lebih banyak penghuni tanpa kendala keterbatasan lahan. Para pengembang juga berencana menghadirkan lokasi bisnis, akses hiburan, dan sejumlah fasilitas umum penting lainnya untuk mendukung kawasan di sekitar jalur LRT.

    Keputusan untuk memiliki hunian di sekitar jalur LRT kini merupakan pilihan tepat. Karena harga properti di sekitar jalur LRT pasti akan meningkat pesat ketika LRT mulai beroperasi dan mengalami pertambahan jalur secara bertahap.