Market Update

SMF Highlight

Building Permit Index

Early Warning System

Makroekonomi

Market Comment

Mencermati Pergerakan Pasar Properti Sepanjang Tahun 2018

By February 6, 2018Market Comment

    Pasar properti Indonesia merupakan sektor yang terus tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Berdasarkan data pemerintah, masih terdapat 13,5 juta warga Indonesia yang membutuhkan hunian pribadi. Bukan hanya program pembiayaan perumahan yang giat dikembangkan oleh pemerintah. Secara keseluruhan, sektor properti juga diprediksi mengalami peningkatan sepanjang tahun 2018.

    Kebijakan Ekonomi Mendorong Pertumbuhan Sektor Properti

    Menurut penuturan Faizal Abdullah selaku Acting Country Manager Rumah.com, sejumlah kebijakan ekonomi yang digagas pemerintah turut mendorong pertumbuhan sektor ekonomi. Masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mengelola kondisi finansial melalui kebijakan tax amnesty, Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), serta sejumlah kebijakan lainnya. Kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan rumah pun cenderung meningkat. Terutama untuk permintaan rumah dengan harga rata-rata 700 juta rupiah.

    Kebutuhan Generasi Milenial Didukung Oleh Orang Tua

    Masa produktif generasi milenial mendatangkan kekhawatiran tersendiri bagi sektor properti. Pasalnya, peningkatan gaji generasi milenial dianggap tidak sebanding dengan kenaikan harga rumah. Namun hal ini ternyata tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Sebab generasi milenial akan mendapatkan dukungan finansial dari orang tua yang sudah mapan.

    Diperkirakan bahwa permintaan sektor properti dari kalangan generasi milenial akan stabil hingga 10 tahun ke depan. Hal ini tentu harus diimbangi oleh fasilitas penyediaan properti yang memadai. Kini, bank juga mulai bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan program kredit perumahan untuk kalangan generasi milenial.

    Para Pengembang Harus Siap Mendukung Sektor Properti

    Pengembang properti juga memiliki andil besar dalam menentukan kesiapan sektor properti untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu cara yang harus lebih gencar dilakukan adalah pemasaran dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pengenalan objek properti kepada masyarakat dari berbagai kalangan ekonomi bisa dilakukan melalui internet.

    Salah satu hal penting yang wajib dibenahi pada pemasaran properti via internet adalah akses informasi yang jelas dan mudah dihubungi. Para pengembang properti wajib memiliki sejumlah agen yang bertugas menjelaskan tentang objek properti yang sedang dipasarkan. Product knowledge yang didukung kualitas objek properti tentu mudah menarik perhatian masyarakat.

    Masyarakat yang belum memiliki rumah pribadi sebaiknya tidak menunda-nunda proses pembelian rumah. Karena pergerakan pasar properti yang meningkat sepanjang tahun 2018 pasti juga menyebabkan kenaikan harga rumah. Memiliki rumah pribadi sedini mungkin berarti mulai berinvestasi untuk kondisi finansial yang lebih stabil di masa mendatang.