Market Update

SMF Highlight

Building Permit Index

Early Warning System

Makroekonomi

Market Comment

Implementasi Cara Efektif untuk Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

By February 9, 2018Market Comment

    Daya beli masyarakat tentu erat kaitannya dengan perkembangan sektor ekonomi di tanah air. Bila daya beli masyarakat meningkat, kegiatan ekonomi pun akan berlangsung lancar. Karena perputaran ekonomi dipengaruhi oleh transaksi jual beli yang dilakukan masyarakat. Inilah yang membuat pemerintah harus mengimplementasikan cara efektif untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

    Beberapa hal yang bisa diterapkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat antara lain:

    Penurunan Suku Bunga Acuan BI

    Sejak Agustus 2017, Bank Indonesia (BI) menetapkan kebijakan penurunan suku bunga acuan dari 4,75% menjadi 4,5%. Nilai tersebut bahkan kembali diturunkan hingga mencapai angka 4,25% pada Januari 2018. Penurunan suku bunga acuan tersebut diharapkan mampu meningkatkan nilai kredit perbankan yang diajukan para pebisnis. Karena bank-bank lainnya akan menggunakan acuan suku bunga BI tersebut untuk menetapkan bunga kredit.

    Meningkatkan Batas Penghasilan Tak Kena Pajak (PTKP)

    Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyarankan agar pemerintah meningkatkan batas PTKP. Kini, batas PTKP seebesar 4,5 juta rupiah per bulan diharapkan dapat meningkat hingga 4,8 juta rupiah. Sehingga diharapkan bahwa masyarakat akan lebih banyak menggunakan penghasilannya untuk meningkatkan daya beli. Pemerintah akan tetap mendapatkan pemasukan melalui peningkatan jumlah pajak konsumsi.

    Program Pembangunan Infrastruktur Desa

    Upaya meningkatkan daya beli masyarakat juga harus memperhatikan kondisi di sejumlah desa. Selama ini banyak desa yang masyarakatnya memiliki keterbatasan daya beli akibat infrastruktur yang tidak memadai. Jalanan yang rusak dan fasilitas umum yang minim membuat masyarakat kesulitan melakukan kegiatan ekonomi. Oleh sebab itu, pembangunan infrastruktur desa dalam waktu singkat diprediksi mempengaruhi peningkatan daya beli masyarakat.

    Membuka Banyak Lapangan Kerja Baru

    Semakin sedikit jumlah pengangguran di suatu negara, maka semakin baik pula daya beli masyarakat di negara tersebut. Inilah yang membuat kehadiran banyak lapangan kerja baru terus diupayakan oleh pemerintah. Karena keberadaan lapangan kerja yang baru akan mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Peningkatan pendapatan tersebut tentu berdampak positif pada daya beli masyarakat secara keseluruhan. Kegiatan ekonomi di tanah air pun akan berlangsung lancar dan meningkatkan pendapatan negara.

    Upaya meningkatkan daya beli masyarakat harus melibatkan seluruh kalangan masyarakat, pebisnis, dan pemerintah. Cara-cara yang efektif wajib segera diimplementasikan untuk mendukung pertumbuhan sektor ekonomi secara pesat di masa kini dan masa mendatang.