Market Update

SMF Highlight

Building Permit Index

Early Warning System

Makroekonomi

Market Comment

Produk EBA-SP Dukung program Pemerintah “Satu Juta Rumah”

By December 21, 2017Uncategorized

    Jakarta – PT bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menggandeng PT Sarana Multiguna Financial menggelar sosialisasi serta edukasi instrumen Efek Berangun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) kepada para pelaku jasa keuangan. Iman Nugroho Soeko selaku Direktur Keuangan dan Treasuri BTN Imam Nugroho Soeko mengatakan sosialisasi dan edukasi tersebut bertujuan untuk mengenalkan kembali produk EBA-SP sebagai sumber dana perumahan bagi perusahaan.

    EBA-SP juga termasuk peluang bagi investor. Para investor yang menanamkan investasinya pada Program Efek Berangun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) ini turut mendukung program Satu Juta Rumah yang dicanangkan pemerintah. Imam mengatakan bahwa program satu juta rumah dari pemerintah membutuhkan dukungan oleh semua pihak. Sebab, program ini membutuhkan dana yang tidak sedikit.

    Lebih lanjut Imam menjelaskan baik sisi penyedia rumah ataupun pembiayaan perumahan adalah hal utama yang jadi fokus pemerintah serta seluruh pemangku kepentingan. Bagi imam, masyarakat kelas menangkah ke bawah sekarang membutuhkan angsuran yang terjangkau dengan jumlah tetap dan tentu sesuai dengan pendapatannya. Hal ini bisa tercapai melalui tenor pinjaman panjangan sehingga angsuran rumah lebih rendah. Dengan begitu sumber dana jangka panjang dengan mudah didapat oleh masyarakat.

    Imam mengatakan tingkat suku binga tetap sehingga besarnya angsuran tetap. BTN tidak akan melakukan penurunan suku bunga kredit. BTN tetap mengacu pada suku bunga dasar kredit (SBDK). Suku bunga Kredit Perumahan Rakyat (KPR) sebesar 10,25% dan kredit konsumsi non KPR sebesar 14,5%. sementara suku bunga kredit korporasi 11%, lalu suku bunga kredit ritel sebesar 11,5%.

    Imam juga menambahkan kredit BTN diperkirakan tumbuh sebesar 20% dari tahun ke tahun pada kuarta I tahun 2017 dengan didominasi ke sektor KPR.

    Disisi lain, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan sosialisasi program EBA-SP bersama BTN adalah salah satu upaya positif untuk memberikan informasi dan pemahaman instrumen EBA-SP kepada investor sekaligus menginformasikan mengenai benefit bila berinvestasi pada produk EBA-SP. Sosialisasi EBA-SP juga merujuk pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 23 Tahun 2014 tentang Pedoman Penerbitan Pelaporan Efek Beragun Aset Berbentuk Surat Partisipasi dalam Rangka Pembiayaan Sekunder Perumahan.

    Ananta berharap lewat sosialisasi program EBA-SP ini dapat mendukung pengembangan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan (PPSP) sehingga program Satu Juta Rumah yang dicanangkan pemerintah bisa berjalan dengan baik.

    Sumber: www.republika.co.id