Market Update

SMF Highlight

Building Permit Index

Early Warning System

Makroekonomi

Market Comment

OJK Optimis, 2018 Suku Bunga KPR Turun

By December 11, 2017Market Comment

     

    Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut bahwa penurunan suku bunga kredit perbankan pada awal 2018 tidak bisa otomatis mengikuti penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia yang mengalami penurunan 25bps Agustus lalu.

    Wimboh Santoso sekalu Ketua Dewan Komisioner OJK menjelaskan Bank Indonesia pertama kali melakukan pemangkasan suku bunga acuan menjadi 4,5 persen. Dampak pemangkasan suku bunga tersebut mempengaruhi penurunan suku bunga deposito.  Dengan kata lain, jika deposito suku bunga diubah setelah jatuh tempo, maka paling cepat setelah satu bulan.

    Perubahan suku bunga deposito juga dapat menghabiskan waktu hingga enam bulan. Setelah itu, pada waktu bersamaan, jangka waktu perbuhan suku bunga KPR kredit juga akan berjalan minimal enam bulan dari jangka waktu penurunan suku bunga deposito.

    Wimboh memastikan bila suku bunga deposito satulangsung diturunkan satu bulan pada bulan September oleh perbankan maka suku bunga kredit baru akan mengalami penurunan paling cepat pada Maret 2018. Jangka waktunya enam bulan untuk transmisi ke suku bunga kredit.

    Selain itu, Wimboh juga menyebutkan meski suku bunga deposito telah turun maka penurunan kredit juga tidak bisa langsung dilakukan. Akan tetapi, OJK akan terus memantau perkembangan suku bunga kredit. Ada beberapa faktor suku bunga kredit diantaranya overhead, profit margin, dan premi risiko. Ketiga faktor itu merupakan komponennya.

    Kendati demikian, OJK yakin dan optimis pertumbuhan kredit hingga akhir tahun 2017 dapat menyentuh 11 persen meskipun target ini turun dibandingkan target awal tahun yang mencapai 13 persen.

    Asisten Gubernur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo menambahkan selama dua hingga tiga bulan, perbankan perlu untuk mengkaji ulang suku bunga kredit. Dodi mengharapkan transmisi ke kredit perbankan cepat. Artinya, jika suku bunga acuan diturunkan namun konsolidasi di perbankan sangat lambat maka akan sangat sulit.

    Dilihat dari potensi penurunan suku bunga kredit perbankan yang masih kecil tahun ini, maka Bank Indonesia merevisi pertumbunan permintaan kredit menjadi 8 hingga 10 persen sampai akhir tahun ini.

    Sumber: https://breakingnews.co.id/read/ojk-sebut-suku-bunga-kpr-baru-akan-turun-tahun-depan