Market Update

SMF Highlight

Building Permit Index

Early Warning System

Makroekonomi

Market Comment

Generasi Milenial Wajib Peka Menghadapi Dampak Inflasi

By November 14, 2017Market Comment

    Generasi milenial kini sedang memasuki masa keemasan di usia produktif. Semua sektor bisnis pun berkembang pesat karena partisipasi generasi yang satu ini. Hal ini membuat generasi milenial harus lebih cermat mengelola keuangan. Jangan sampai nilai aset yang dimiliki terus-terusan berkurang karena pengaruh inflasi.

    Mempersiapkan langkah finansial yang tepat untuk mengantisipasi inflasi memang penting. Setidaknya generasi milenial wajib peka dan mengetahui hal-hal penting ini:

    Cermat Berinvestasi

    Investasi adalah keputusan terbaik untuk mengamankan nilai aset. Saat ini, pilihan investasi sangat beragam. Mulai dari logam mulia, deposito, reksadana, dan saham. Salah satu varian investasi lain yang prospeknya menjanjikan adalah investasi di bidang properti. Karena aset properti senantiasa mengalami peningkatan nilai seiring dengan berjalannya waktu.

    Memilih Kredit dengan Suku Bunga Tetap

    Memilih kredit dengan suku bunga tetap akan menjadi keuntungan finansial tersendiri. Biasanya suku bunga kredit cenderung meningkat karena pengaruh inflasi. Oleh karena itu, suku bunga tetap akan membuat penyelesaian proses kredit berlangsung lebih lancar. Pihak pengaju kredit tak terbebani dengan nilai angsuran yang semakin tinggi akibat kenaikan suku bunga.

    Menyiapkan Tabungan Pensiun

    Tak banyak generasi milenial yang peduli dengan persiapan tabungan pensiun. Padahal tabungan ini sangat penting untuk mendukung kestabilan kondisi finansial. Tabungan pensiun harus disisihkan secara rutin dari pendapatan bulanan. Proses pencairannya baru bisa dilakukan jika nasabah sudah mencapai usia pensiun atau terjadi hal-hal lain sesuai ketentuan awal yang diatur oleh tabungan pensiun tersebut.

    Menjalankan Bisnis Sampingan

    Pendapatan dari pekerjaan utama sering kali hanya dapat mencukupi kebutuhan hidup. Hal ini memnbuat generasi milenial patut lebih kreatif merintis bisnis sampingan. Pendapatan yang diperoleh dari bisnis sampingan bisa dialokasikan untuk tabungan, investasi, dan persiapan dana tak terduga. Kondisi finansial pribadi pun akan relatif stabil dan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Kini, banyak sekali jenis bisnis yang bisa dirintis dengan modal relatif kecil. Proses pemasaran secara online pun bisa menjadi kekuatan bagi bisnis sampingan tersebut.

    Persiapan finansial generasi milenial di masa kini tentu turut mempengaruhi peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat secara keseluruhan. Cerdas mengelola finansial pribadi adalah sebuah keharusan di zaman modern.

    Sumber: ekonomi.kompas.com, www.bi.go.id, finance.detik.com