Market Update

SMF Highlight

Building Permit Index

Early Warning System

Makroekonomi

Market Comment

Ekonomi Indonesia Q2-2017 tumbuh di level 5,01% YoY, capaian yang sama dengan pertumbuhan ekonomi pada Q1-2017

By August 29, 2017Market Comment

    Ekonomi Indonesia Q2-2017 tumbuh di level 5,01% YoY, merupakan capaian yang sama dengan pertumbuhan ekonomi pada Q1-2017 namun lebih rendah dari capaian Q2-2016 yang umbuh sebesar 5,18% YoY.

    Pertumbuhan di kuartal kedua masih ditopang utamanya dari sektor pengeluaran pemerintah, meskipun beberapa komponen pengeluaran seperti pembayaran gaji ke 13 PNS ditunda pembayarannya menyebabkan aktivitas ekonomi diperkirakan bergeser ke akhir tahun, salah satunya terlihat di komponen belanja masyarakat yang tumbuh namun tidak sesuai perkiraan sejalan dengan lesunya penjualan ritel dalam negeri.

    Sumber : BPS

    Begitu pula dengan komponen ekspor yang belum mencatatkan angka menggembirakan meskipun neraca perdagangan mencatatkan surplus sebesar USD 3,5 M. Hal ini disinyalir akibat melambatnya pertumbuhan volume ekspor produk primer dan manufaktur.

    Namun demikian, hingga akhir tahun pemerintah belum berniat merevisi target pertumbuhan, BI tetap optimis Indonesia dapat tumbuh di level 5,1%-5,4% hingga akhir tahun 2017, meskipun beberapa risiko bagi pertumbuhan seperti perubahan tidak terduga dari kebijakan moneter AS dan ketidakpastian politik di Eropa tetap patut diwaspadai.